NulisPedia

Teruntuk Penguasa Negeri

Surat ini bukan dibungkus amplop ataupun dimasukkan kedalam sebuah botol kaca lalu dibuang kelaut.

Ini terbuka, diperuntukkan pada Para Penguasa Negeri yang sedang memegang kekuasaan. Untuk Tuan dan Puan yang telah mengemban amanah untuk mengatur urusan ummat. Aku tau tugasmu itu tidaklah mudah, dan engkaupun mengetahuinya sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil peran itu. Menjadi seorang pemimpin, yang harus bijak dan benar dalam memimpin.

Membuat sebuah kebijakan yang menyangkut hidup banyak umat, bukan sekedar membuat karangan bebas anak sekolah. Mengatur kehidupan rakyat banyak, bukan sekedar mengatur jalannya roda sepeda yang lepas rantainya.

Sulit … Salah sedikit, rakyat akan menjerit dan merasa makin terhimpit dari segala aspek kehidupan yang harus dijinjit.

Ketika rakyat hanya ingin menyampaikan kritikan atas kebijakanmu, maka bukan untuk menghakimimu, bukan. Justru, rakyat mengingatkanmu agar tak salah dalam memimpin, dan tak tergelincir dalam jebakan setan yang menggodamu.

Setiap diri kita adalah Pemimpin. Dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang ia pimpin. Maka jadilah seorang Pemimpin yang takut akan Sang Pencipta, sebagaimana sumpah yang telah Tuan dan Puan ikrarkan di dunia saat diamanahi mengemban tugas ini.

Tuan dan Puan yang sedang berkuasa di negeri ini …

Ingatlah bahwa tak ada yang lebih berkuasa di bumi ini, selain Allah yang Maha Kuasa.

Maka, ketika Tuhanmu menyerukan aturan hidup dibumi, hukum-hukum dariNya untuk diambil dan diterapkan dalam memimpin negeri, maka taatilah perintah itu.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik [49]. Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan hukum siapakah yang lebih baik daripada hukum Allah bagi orang-orang yang yakin?” (QS. Al Maidah : 49-50)

Maka, Tuan dan Puan tak perlu bersusah payah sampai begadang hingga larut malam hanya untuk membuat hukum dan aturan yang berasal dari akal manusia yang lemah, terbatas, dan serba kurang ini. Sebab, Sang Pencipta telah memberikan aturan sempurna bagi kita, ciptaanNya.

Semoga Tuan dan Puan termasuk Orang-orang yang YAKIN akan Kebenaran Tuhan,yaitu kebenaran dari Allah yang Maha Menciptakan dan Maha Mengatur.

Surat ini ditulis di sore hari, dan disampaikan tidak ditengah malam, agar Tuan dan Puan yang membaca tidak mendadak terkejut.

Oleh Ummu Taqiyya

0Shares

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: