Motivasi

SELERA HIDUP

Memiliki selera yang sama dengan orang lain merupakan hal yang sangat jarang terjadi. Karena setiap orang bebas menentukan seleranya masing-masing selama tidak melanggar aturan yang Allah turunkan. Termasuk dalam hal mencari pendamping hidup. Setiap orang memiliki selera masing-masing. Bagi wanita, misalnya ada yang menginginkan pendamping hidup seorang ustad, tinggi, kulit putih, hidung mancung, wajah oval. Begitupun sebaliknya ada wanita yang menginginkan pendamping hidup dengan  kriteria lelaki yang biasa saja yang penting hanif, kulit hitam manis, wajah bulat, tidak terlalu tinggi dan lain sebagainya. Inilah yang disebut perbedaan selera. Selera dalam memilih pendamping hidup. Memiliki cara sudut pandang yang  berbeda satu sama lain.

Sejatinya perbedaan itu adalah hal yang lumrah. Sudah sunnatullah yang merupakan ketetapan Allah swt. Sebagaimana firman  Allah SWT dalam Alquran yang berbunyi :

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.” (TQS. Ar-Rum : 22)

Dari ayat di atas kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan selera hidup, sudut pandang merupakan hal yang mutlak, yang sudah ditetapkan Allah SWT. Bahkan dari perbedaan itu, justru akan belajar banyak hal. Belajar bahwa ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan dari sebuah perbedaan. Misalnya : awal mulai menikah, pasangan akan memulai menyatukan visi dan misi dalam menikah walaupun ada perbedaan pendapat tapi karena memiliki visi dan misi  yang sama yaitu ridha Allah  maka perbedaan akan mudah untuk di satukan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa perbedaan bisa disatukan jika terkait dengan aturan Allah SWT. [Wallahu a’lam bishowabb]

Oleh: Rahma Inayah

0Shares

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: