NulisPedia,  Opini

MUSLIMAH, SAY NO TO THE BRUSH CHALLENGE

Akhir-akhir ini saya melihat banyak sekali para wanita yang mengupload videonya di sosial media dengan berkelompok, para wanita memainkan kuas make up di wajahnya, dari tampilan biasa kemudian berubah menjadi wanita yang berwajah make up. Mereka membuat hastag dengan #brushchallenge #pastthebrushchallenge

Brush challenge ini viral di instagram, yang katanya di buat untuk mengisi waktu luang ditengah pandemi virus corona. Dikutip dari kumparan.com (17/4/2020), Pass the Brush Challenge merupakan tantangan yang mengharuskan beberapa orang seolah melempar brush makeup secara bergiliran hingga orang terakhir. Dapat dikatakan kalau tantangan ini menampilkan perubahan seseorang sebelum dan sesudah makeup. Bahkan, orang yang melakukan tantangan ini juga merubah busana dan menambah aksesoris untuk mendukung hasil makeup mereka agar terlihat menawan. Menariknya lagi, Pass the Brush Challenge dikemas menjadi kompilasi video TikTok dengan tambahan iringan musik.

Hampir semua kalangan mulai latah mengikuti tantangan ini, mulai dari orang awam hingga public figur, dari anak-anak hingga orang dewasa, dan parahnya bukan hanya dari kalangan wanita, tetapi kalangan pria juga ikut-ikutan. Parah!!! Astaghfirullahal ‘adziim..

Yang membuat hati ini sedih ketika melihat para muslimah yang juga gak mau kalah untuk ikutan brush challenge. Mereka memakai kerudung, berhijab tetapi mereka tampilkan kecantikan wajahnya dengan make up untuk dinikmati oleh semua orang. Bukankah muslimah hanya boleh berhias memperlihatkan kecantikan dihadapan suaminya saja.

Allah Subhanahuwata’ala melarang kita untuk tidak tabarruj (berlebih-lebihan) mengikuti orang-orang jahiliyyah.

Allah SWT berfirman:

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkahlaku) seperti orang-orang jahiliah dahulu, dan laksanakanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa darikamu, wahai Ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.”(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 33)

Dear muslimah, sungguh Allah telah memuliakan kita dalam Islam. Islam memberikan aturan hidup yang sempurna untuk kita agar tak ada kesengsaraan hidup di dunia atau pun di akhirat nanti. Setiap aktivitas kita di dunia akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak. Maka lakukanlah setiap aktivitas kita sesuai tuntunan syari’at, dengan niat yang ikhlas dan cara yang benar.

Jika alasan melakukan tantangan brush challenge untuk mengisi waktu luang #dirumahajaselama masa pandemi, coba ganti tantangan untuk mengkhatam dan menghafal alqur’an. Ganti amal salah kita menjadi amal sholeh. Perbanyaklah untuk meraih pahala jariyah (pahala yang tidak terputus walaupun kita telah wafat), bukan memperbanyak dosa jariyah(dosa yang tidak terputus walau pun telah wafat).

Kita tidak pernah tau apakah amal-amal kita sudah bernilai pahala disisi Allah. Maka jangan lagi kita habiskan waktu kita untuk hal-hal yang unfaedah, dan malah bias merugikan kita dihari penghisaban nanti.

Yuk muslimah, percantik hati dengan iman dan taqwa, karenakitalah yang akan mencetak generasi emas pengukir peradaban Islam. Jika tidak dari sekarang, kapan lagi? Jika bukan kita, siapa lagi? Muslimah, SayNo to the Brush Challenge. Ku bagikan ini kepada para muslimah yang kusayangi karena Allah.

Oleh :Ummu Taqiyya (Pendidik generasi)

0Shares

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: