Opini

KADO PAHIT PEMERINTAH UNTUK SEMUA

Kehidupan akhir-akhir ini semakin lama semakin sulit, karena hampir semua kebutuhan harganya merangkak naik. Belum lagi diikuti dengan susahnya masyarakat sekarang untuk mengais pundi-pundi rupiah, walaupun itu hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan makan saja. Kemiskinanpun meningkat ,dikarenakan banyak perusahaan yang mengistirahatkan para pekerja nya .

Belum lengkap semua kesulitan yang dirasakan , pemerintah memberikan kado untuk rakyatnya dengan mengeluarkan Perpres nomor 64/2020 tentang kenaikan iuran BPJS, ditambah dengan Peraturan pemerintah (PP) Nomor 25 tahun 2020 tetang penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (TAPERA) yang dikeluarkan tanggal 20 mei 2020, listrik yang naik yang makin menyetrum kehidupan rakyat. Rakyat bagaikan sudah jatuh tertimpa tangga.

Bagaimana tidak dengan kehidupan yang serba sulit seperti sekarang akan bertambah sulit dengan adanya kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Kebijakan yang hanya memikirkan ke untungan investasi semata. Sungguh menyedihkan, disaat rakyat sangat membutuhkan uluran tangan untuk membantu mereka melewati masa pandemi ini yang didapati dari pemerintah hanyalah sesuatu yang menambah beban kehidupan.

Pemerintah seolah tidak peduli dengan kesulitan yang sedang dirasakan oleh rakyatnya ,terutama rakyat golongan menengah kebawah. Asas kapitalisme yang memisahkan Agama dengan kehidupan melahirkan banyak kebijakan yang hanya menghitung tentang keuntungan semata, tanpa memikirkan apakah kebijakan itu sudah sesuai dengan apa yang di perintahkan oleh ALLAH .

pada hadis penuturan Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda:

“Ada tiga perkara, yang siapapun melakukan tiga perkara tersebut, dia tergolong orang munafik—meski dia shaum, shalat dan mengklaim dirinya Muslim—yaitu: jika berkata, dusta; jika berjanji, ingkar; dan jika diberi amanah, khianat.” (Ibn Bathah, Al-Ibânah al-Kubrâ, 2/697)

Jika kita melihat dari hadist Rasullah diatas bahwa seorang pemimpin haruslah seorang yang amanah dan jujur. Karena jika pemimpinnya amanah insya ALLAH rakyat akan sejahtera tidak seperti sekarang ini. Begitu indahnya islam, dengan segala peraturan ada di dalam nya yang paripurna. Mengatur urusan manusia dari tidur hingga tidur lagi. Itulah pentingnya kita mengikuti ajaran Islam secara kaffah. Karena peraturan dalam Islamlah satu satunya yang mengatur kehidupan manusia secara kongkrit, dan tidak menzalimi.

Jadi akan sangat berbeda bila seandainya saat ini peraturan Islam yang digunakan. Pemimpin umat yang memakai aturan Islam secara kaffah akan melakukan segala sesuatu berlandaskan Islam karena rasa takutnya kepada ALLAH bukan karena menuruti hawa nafsunya semata. Semoga kita semua di berikan kekuatan oleh ALLAH dalam menerima kado yang berikan oleh Pemerintah ,dan senantiasa melipat gandakan kesabaran kita semua. [Wallahu a’lam bishowabb]

Oleh : Harmiati

0Shares

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: