• Hikmah,  Kisah

    KURBAN BUKTI CINTA

    Rasa cinta adalah perasaan yang bisa dirasakan oleh semua orang, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Masing-masing orang mungkin memiliki pemahaman yang berbeda-beda tentang apa itu arti cinta sebenarnya. Hal ini seringkali membuat bingung dan bertanya-tanya mengenai apa itu arti cinta sebenarnya? /Makna Cinta dalam Islam/Dalam islam, pengertian cinta sangatlah luas. Cinta yang utama adalah kepada sang pencinta, Allah Swt. Kemudian kepada Rasul dan keluarga serta sahabat-sahabatnya. Cinta kepada Al-Quran, malaikat-malaikat Allah. Lalu cinta kepada orang tua dan manusia lainnya. Serta cinta kepada lingkungan.  Cinta dalam ajaran Islam telah dikenal sejak zaman dahulu kala, tepatnya sejak Nabi Adam as. dan Siti Hawa diciptakan. Makna cinta dalam Islam sendiri…

  • Hikmah,  Nafsiyah,  Tema Ditentukan,  WCR

    SAAT ESOK BUKAN MILIKKU

    “Istigfar untuk masa lalu, syukur untuk hari ini dan harapan untuk hari esok. Terpatri tanya dalam diri untuk apa Allah hadirkan aku di dunia?” Rangkaian waktu yang telah pencipta anugerahkan kepada kita, itulah kehidupan. Batasnya adalah ajal, datangnya tak bisa dihindar dan tak bisa juga digeser mundur. “Setiap umat mempunyai ajal [tenggat waktu]. Ketika tiba ajal mereka, maka mereka tidak bisa meminta ditangguhkan meski hanya sesaat. Juga tidak bisa minta diajukan.” (TQS. Al-A’raf : 34) Allah sudah tetapkan waktu itu tiba, dimanapun raga ini tetapkan akan dikunjungi ajal. “Di mana pun kamu berada, kematian pasti kan menemukan kamu, sekalipun kamu berada dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (TQS. an-Nisa’: 78)…

  • Hikmah

    LANGKAHMU, UNTUK SIAPA?

    Waktu berjalan begitu cepat terkadang begitu lambat. Hingga langkah yang tertempuh berada pada titik seperti ini. Setelah sekian ratus hingga ribuan langkah tercetak dalam jalan hijrah. Bergulat dengan kesakitan melewati lika, liku dan luka jalan meraih Ridho Ilahi. Kita bangkit dan jatuh dalam jalan ini. Iman yang naik dan turunpun ikut berlomba menyertai. Bersama tumpukan rasa keterpaksaan, kekecewaan dan marah dalam diri. Di sisi lain, memberikan rasa bahagia, nyaman dan juga keikhlasan yang tidak akan terganti. Dalam jalan ini ujian datang untuk mendewasakan meski sakit itu juga andil merajai rasa. Saat tuntutan datang menenggelamkan jiwa pada keinginan untuk terus menjadi baik. Ingin hati berlari kencang untuk segera menggapai kemenangan. Namun…

  • Hikmah

    MENULISLAH WALAU BERAT

    Menulis sebenarnya paling asyik disaat tak ada orang yang mau dengarkan rintihan hati, namun kertas tanpa mata dan telinga setia menemani curahan hati. Engkau goreskan apa saja, semua bisa dan kertas pun menerima apa saja tanpa melarangmu mencoretnya dengan tinta, menulislah walau itu terasa berat. Alangkah bahagianya jika kertas itu bisa bercakap dan mau jadi teman yang memberi nasehat, namun tak mengapa kertas saja sudah cukup saat menjadi tempat sandaran hati berbagi duka dan lara. Tapi sayangnya kertas adalah benda tak bernyawa dan dia pun terserah padamu yang menggoreskan tinta atau crayon berwarna. Walaupun begitu kita punya guru yang selalu membuat hati sabar dengan tholabul ilmi dan kita juga punya…

  • Hikmah

    MENIKAH TANPA PACARAN

    Gimana ceritanya ya menikah tanpa pacaran? Kalau gak pacaran gak tau dong gimana tingkah laku pasangan kita nanti? Nikah kan gak main-main, harus kenal dulu gimana orangnya, keluarganya, bibit, bebet, bobotnya. Orang yang pacaran sebelum nikah aja, bisa cerai, konon lagi yang menikah tanpa pacaran? Emang bisa langgeng tuh nanti rumah tangganya? Begitulah segelintir pertanyaan orang-orang mengenai Menikah Tanpa Pacaran. Sini sini aku bisikin. Menikah itukan sunnah, ingin menggenapi separuh agama kita, menjadi pakaian terbaik kita kala susah dan senang, tentu tak ada yang mau menikah dengan orang yang tidak kita kenal. Namun aku balik bertanya, apakah Rasulullah menikah, harus Pacaran dulu? Lagian, sudah ada dalil Alquran tentang menjauhi zina,…

  • Hikmah

    THE POWER OF HIDAYAH

    Telah banyak saya dengar berbagai kisah inspiratif bagaimana seseorang bias mendapatkan hidayah/petunjuk. Di zaman Rasulullah saw juga terkenal kisah sepuluh sahabat yang mendapat hidayah dan dijamin masuk surga. Merekalah yang membersamai Rasulullah saw di awal dakwahnya di Makkah. Mereka dikenal assaabiquunalawwaluun, yang terdiri dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, ‘Utsman bin Affan, ‘Ali bin Abi Thalib, Zubair bin Awwam, Thalhah bin Ubaidillah, Abdurrahman bin ‘Auf, Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah, Sa’ad bin Abi Waqqash, dan Said bin Zaid radhiyallaahu ‘anhum. Teringat masa awal-awal mengikuti kajian Islam, ada beberapa kalimat motivasi bagi saya yang membuat hati tergerak untuk beranjak lebih baik, semoga orang yang menyampaikannya mendapatkan pahala jariyah. Di antaranya: ‘Allah…

  • Hikmah

    MENDIDIK ANAK MENJADI ANAK SHOLEH

    Impian setiap orangtua melahirkan dan menjadikan anak sholeh, taat pada Allah perantara menuju syurga Allah. Impian ini bisa terjadi, jika orangtua juga orangtua yang sholeh dan taat kepada Allah karena Anak adalah cerminan orangtuanya. Adapun menurut ustadz Iwan Januar ada lima tips agar anak menjadi anak sholeh perantara orangtua menuju syurganya Allah: Pertama, mempunyai tujuan yang benar. Kedua, mempunyai komitmen taat kepada Allah dan punya ilmu atau orangtua harus cerdas. Ketiga, mendisiplinkan anak dalam ketaatan. Keempat, orangtua wajib menjadi Qowwam, memberi teladan kepada Anak. Kelima, kekuatan doa orangtua. Penjelasannya dibawah berikut: Doa para Nabi. “Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang…

  • Hikmah,  Opini,  Tema Bebas,  WCR

    BELAJAR DARI PROSES TERBENTUKNYA TELUR

    Berangkat dari pepatah populer dikalangan masyarakat minangkabau. Alam takambang jadi guru, atau alam terbentang jadi guru. Tak hanya ilmu dunia, Alam juga akan menjadi guru dan mengarahkan kita untuk menemukan kehebatan Sang Pencipta dan menyadari bahwa segala sesuatu diciptakan. Alam yang terhimpun di dalamnya makhluk hidup, fenomena-fenomena alam, dapat dijadikan tempat kita mengenal Sang Pencipta. Hakikat ciptaan tunduk dengan aturan Penciptanya. Tidak hanya itu, alam Allah bentangkan kepada kita, senantiasa ditadaburi untuk menyaksikan keagungan Allah. Terkadang banyak hal luar biasa justru luput dari perhatian kita. Hal kecil sering terabaikan namun menyimpan rahasia. Semisal ketika kita melihat sebutir telur ayam, pernah berpikir bagaimana sebutir telur bisa terbentuk? Mulai dari pematangan sel…

  • Hikmah

    SIAPA DIE HARD SEJATI?

    Berbicara tentang Die Hard, Saya jadi teringat bahwa film ini dibintangi oleh pemeran utama  Bruce Willis, seorang kakek super nan tangguh. Bruce Willis digambarkan sebagai sosok pejuang tahan banting. Bayangkan, jatuh dari pesawat tidak luka, jatuh helikopter juga tidak luka. Kemudian kena peluru pun begitu, tidak ada satupun yang mendarat di tubuhnya. Sungguh dia digambarkan dalam film tersebut sebagai sosok yang susah mati atau Die Hard. Bagi penikmat film action atau laga, film action ini memiliki magnet tersendiri, dari penokohan sampai jalan ceritanya yang keren. Tapi sayang itu hanya cerita semu yang diramu untuk sekedar menghibur. Tidak nyata hanya fiktif belaka. Adalah Khalid Bin Walid, pedang Allah yang tak terkalahkan.…

  • Hikmah,  NulisPedia,  Problematika Umat

    FATALNYA KETIDAK JUJURAN YANG MENJANGKITI

    Mengambil ibroh dari sebuah kisah gadis penjual susu di masa kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab. Pada suatu malam, Umar bin Khattab usai berkeliling melihat kondisi rakyatnya, Dia menyandarkan tubuhnya pada dinding sebuah rumah sederhana. Tak sengaja Umar mendengar pembicaraan dua orang wanita. “Campurkan air ke dalam susu yang akan kita jual itu, Nak,” kata seorang wanita.“Tapi Ibu, Khalifah Umar melarang hal ini,” sanggah puterinya. Khalifah memang melarang mencampur susu dengan air karena dianggap sebagai kecurangan dalam berdagang.“Ayo lakukan, Umar bin Khattab kan tidak mungkin melihat kita,” ibunya mendesak terus.Sang anak menjawab dengan bijak. “Iya Ibu, Khalifah tidak melihat kita. Tetapi Allah SWT pasti melihat kita,” tegasnya.——————————————————————————————- Kesuksesan sosok Umar bin…