• Opini

    LAMARAN DALAM PANDANGAN ISLAM

    Akhir-akhir ini sedang hangat diperbincangkan seorang influencer yang melakukan prosesi lamaran bak sebuah pernikahan, acara tersebut bahkan ditanyangkan ditelevisi lokal dan mendapat banyak pujian dari para netizen karena konsepnya yang mewah dan melalui proses yang dianggap “Islami” YouTuber, RR telah menerima lamaran dari kekasihnya, TR. Dalam acara lamaran yang disiarkan langsung di salah satu stasiun TV pada Kamis, 23 September 2021 pukul 12.30 WIB (tempo.com) OSD menyebutkan jika RR dan TR akan menggunakan konsep lamaran bertema budaya daerah dan penuh dengan nuansa Islami. Media Magelang Khitbah atau yang dikenal dengan istilah lamaran adalah satu proses dimana seorang laki-laki menyampaikan niat ingin menikahi seorang wanita yang boleh dinikahi secara syra’i, baik…

  • Nafsiyah,  Problematika Umat

    PERNIKAHAN ASING !

    “Eh, tau gak. Si fulanah mau nikah pekan depan” “Oh ya?, Koq tiba – tiba gitu ya?” “Iya ya, aku juga nggak nyangka” “Pasti ada apa – apa nya nih???” “hmmm… bisa jadi… apalagi dia udah kepala tiga” Begitu lah, kenyataan yang jadi pengalaman ketika menikahnya diumumkan secara “tiba-tiba”. Gak ada aba – aba dengan posting prosesi bridal shower ataupun khitbah atau lamaran juga foto selfie berdua semasa pacaran. Fenomena ini sungguh aneh dianggap dimasyarakat. Padahal  kalau dulu zaman mamah aku tuh gak ada yang namanya proses perkenalan seperti pacaran bertahun – tahun atau apala namanya. Ya kalau suka langsung jumpai orang tua. Jangka waktu dari khitbahn keakad paling satu…

  • Opini

    BIADAB, MARAK AYAH KANDUNG MENJADI PREDATOR ANAK

    Kejahatan seksual terhadap anak bukan kasus baru, bahkan persoalan ini justru semakin hari semakin mengkhawatirkan.  Hari ini keamanan anak benar-benar berada pada kondisi yang sangat terancam. Sebab keluarga apalagi orang tua terlebih lagi seorang ayah yang diharapkan memberikan proteksi terhadap anak, sekarang justru berubah menjadi monster yang sangat mengerikan. Sungguh ini bukanlah isapan jempol semata, sebab beberapa waktu terakhir ini terkuak beberapa tindakan keji dan biadab yang dilakukan oleh beberapa ayah kandung terhadap anak perempuannya. Belum hilang rasa geram kita terhadap seorang ayah di Bekasi yang tega melampiaskan hasrat seksualnya terhadap putri kandungnya yang berusia 14 tahun dalam kurun waktu enam bulan (detiknews.com 27/9/2021).  Kini kita harus menahan emosi kembali…

  • Muhasabah,  Problematika Umat

    STANDAR CANTIK YANG BENAR

    Saat ini kebanyakan para kaum hawa sibuk merias diri dengan tujuan untuk mempercantik fisik. Sebenarnya bukan kaum hawa saja, kaum adam pun tak mau ketinggalan tentunya. Merawat diri dan mempercantik tidak salah dalam Islam. Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya Allah Maha indah dan mencintai keindahan” (HR. Muslim dari Ibnu Mas’ûd radhiyallahu’anhu) Ya sisters, Allah cinta akan keindahan. Namun, standar keindahan atau kecantikan saat ini seperti sudah salah arah. Identik dengan kemewahan, mahal, glowing, bling – bling dan memukau. Orang yang bisa memiliki standar kecantikan yang dimaksud adalah yang memiliki cuan yang banyak dan sering dijuluki “anak sultan” Seolah yang tidak memiliki harta adalah “rakyat jelata” Sesungguhnya ini bukti nyata Kapitalis yang…

  • Muhasabah

    RENUNGAN UNTUK PENGEMBAN DAKWAH

    Masa pandemi kita dipaksa untuk mengikuti sesuatu yang belum pernah dilalui sebelumnya. Melakukan banyak aktivitas di dalam rumah, belajar dari rumah, rapat dari rumah, kajian dari rumah, dan aktivitas lain. Aktivitas-aktivitas ini banyak membuat orang-orang “kaget”, termasuk pengemban dakwah. Banyak pengemban dakwah yang bingung dengan kondisi ini. Apalagi yang memang sudah sering dilapangan pasti akan merasa benar-benar aneh, gak biasa dan butuh penyesuaian. Ada yang rada malas melihat kondisi ini hingga membuatnya semakin melemah. Ada juga yang teralihkan dengan aktivitas lain, entah itu asik nonton film terbaru maupun aktivitas jualan online. Tidak ada yang salah dari aktivitas mubah itu. Yang salah itu adalah lalainya dakwah sebagai kewajiban karena aktivitas mubah…

  • NulisPedia

    MENDULANG PAHALA DI BULAN RAMADAN

    Marhaban ya Ramadan Alhamdulillah ya, Gaes. Tak terasa, sudah setengah bulan lebih kita menjalankan shaum di bulan Ramadan. Oh iya, apa saja nih yang sudah kita raih selama setengah bulan ini? Sudahkah, kita mengisi hari-hari di bulan yang mulia ini dengan banyak amalan sholih? Bakalan rugi banget loh, jika kita menyia-nyiakan kehadirannya. Seperti yang sudah kita pahami nih, gaes. Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nantikan kehadirannya oleh umat Islam. Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh rahmat dan penuh berkah. Allah memberikan keistimewaan di bulan yang mulia ini. Allah memuliakan bulan Ramadan dari bulan-bulan lainnya dengan memilihnya sebagai bulan diturunkannya Alquran Al-Karim. Sudah semestinya kita bahagia dapat berjumpa di bulan ini,…

  • Opini

    PROSTITUSI MARAK, AKIBAT SISTEM RUSAK

    Polisi turut mengamankan 15 anak di bawah umur saat menggerebek hotel milik artis Cyntiara Alona yang di sebut di jadikan lokasi prostitusi online. “Korban ada 15 orang, semuanya anak di bawah umur, rata-rata umur 14-16 tahun, ini yang jadi korban,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombas Yusri Yunus di Polda Metro Jaya (CNN Indonesia, 19 Maret 2021). “Motifnya karena covid-19, penghuni cukup sepi sehingga ada peluang agar operasional (hotel tetap) berjalan, dengan menerima kasus-kasus perbuatan cabul di hotelnya, sehingga biaya operasional hotel tetap berjalan,” tutur Yusri. Tren kasus prostitusi online di kalangan remaja meningkat selama pandemi covid-19. Tidak hanya terjadi di hotel milik artis Cyntiara Alona, tapi hampir di…

  • Motivasi

    MEMPERBAIKI AKHLAK ADALAH PEKERJAAN SEUMUR HIDUP

    Perpaduan antara pemikiran dan perasaan akan membentuk akhlak. Sebuah hasil yang jika keduanya berlandaskan Islam maka akhlak yang dihasilkan adalah akhlak Islam. Akhlak adalah ekspresi yang berhulu dari perasaan dan pikiran semua berakumulasi menjadi perilaku. Karena akhlak dibentuk oleh Aqidah yang dianut seseorang. Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Rasulullah saw, untuk memberikan teladan yang sempurna. Akhlak mulia yang beliau miliki memberikan kebaikan untuk seluruh kehidupan. “Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (TQS. Al Ahzab: 21) Tidak ada lagi tempat untuk mencontoh dan meneladani akhlak selain kepada Rasulullah saw.…

  • Muhasabah

    HAPPINES

    Detik waktu berkelana tanpa dapat dihentikan ataupun dipercepat. Mengembara melewati kehidupan fana yang akan menemui titik akhir. Mendapatkan berbagai peristiwa yang senatiasa berganti-ganti. Yang pasti suka dan duka menyelimuti. Manusia selalu memiliki angan untuk hidup selamanya dalam kebahagiaan. Berharap bahwa kesedihan hanya akan mampir sebentar dalam kehidupan mereka. Seolah membayangkan duka hanya sebuah lintasan waktu yang sedetik kemudian akan hilang. Happines, manusia menginginkan kebahagiaan selalu menjadi teman akrab yang tidak akan pernah jauh. Menjadi porsi paling banyak dalam kehidupan. Menyingkirkan kesedihan menjadi remah-remah yang tak berarti. Sayangnya, dunia saat ini tidaklah sebaik itu. Mendapatkan kebahagiaan dalam hidup adalah sesuatu yang sulit. Apalagi saat umat Islam memilih selain dari aturan Allah.…

  • Opini

    FATAMORGANA FOOD ESTATE, KETAHANAN PANGAN HANYA DENGAN ISLAM

    Pemerintah saat ini sedang mempercepat proyek food estate yang digadang-gadang akan menjawab permasalahan ketahanan pangan di Negara Indonesia. Salah satu pulau yang saat ini sedang dikembangkan dalam proyek ini adalah pulau Kalimantan. Pemanfaatan lahan gambut, rawa dan hutan alam menjadi lahan pertanian demi meningkatkan produksi pertanian adalah ide pokok dilaksanakannya program ini. Namun, Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa mengatakan, program food estate (lumbung pangan) akan berdampak buruk jika dilakukan dengan mengalihfungsikan hutan alam secara besar-besaran. Menurutnya, food estate tidak menjawab persoalan pangan justru menimbulkan masalah lain yang jauh lebih berbahaya yaitu dampak deforestasi. “Sejarah implementasi food estate di Tanah Air terbilang buruk. Kegagalan dari food estate…